10 Tempat Wisata Pantai di Indonesia

1. Pantai Kuta - Bali

Kuta terletak di Kabupaten Badung, berjarak sekitar 1,5 km dari Bandara Ngurah Rai dapat ditempuh dengan waktu 5 menit, dan sekitar 20 menit dari pudat kota Denpasar. Daerah Kuta merupakan tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi obyek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 1970-an.
Kuta Beach Bal


Pantai Kuta memiliki ombak yang sangat disukai oleh peselancar (surfer). Pantai ini sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach), merupakan kebalikan dari Pantai Sanur.
surfer in kuta beach bali
Wilayah Kuta tidak pernah sepi pada malam harinya, live music, karaoke dan lain-lain. Toko dan artshop juga banyak terdapat didereten sepanjang jalan di Kuta, kebanyakan menjual pernak-pernik surfing dan barang-barang kerajinan.

2. Kepulauan Raja Ampat - Papua Barat

Nama Raja Ampat sepertinya tidak akan asing lagi bagi teman-teman, memang ketenaran objek wisata yang satu ini sudah dikenal hampir semua orang baik itu di Indonesia sendiri maupun Mancanegara, semua itu karena keindahannya yang sungguh luar biasa.

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian kepala burung (Vogelkoop) pulau Papua. Secara Administratif, gugusan ini berada di bawah kabupaten Raja Ampat, Propinsi Papua Barat. Raja Ampat merupakan kawasan dengan sumber daya alam tropis terkaya di dunia, dan merupakan salah satu lokasi bahari terbaik di dunia. Selain penorama alam yang luar biasa, Raja Ampat juga terkenal dengan pemandangan bawah laut yang memukau yang bisa dinikmati dengan wisata menyelam (diving). Di Raja Ampat terdapat beberapa resort pantai dengan view pemandangan alam yang eksotis.

Raja Ampat Indonesia

Misool Eco Resort raja ampat

Keindahan bawah launya yang sangat memikat menjadikan Kepulauan Raja Ampat saat ini tujuan utama bagi para penyelam. Menurut beberapa sumber perairan di Kepulauan Raja Ampat memang merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.


3. Taman Nasional Bunaken - Sulawesi Utara

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.
BUNAKEN BEACH

Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektare, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.

diving in Bunaken

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.
Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.


4. Taman Nasional Kepulauan Wakatobi - Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi , Merupakan salah satu dari 50 taman nasoinal di Indonesia, terletak dikabupaten Wakatobi – Sulawesi Tenggara. Taman nasional total area 1,39 juta ha, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang menempati posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, bagian terdalam mencapai 1 Kilo meter di bawah permukaan air laut, TN Wakatobi saat ini menjadi pusat penelitian bawah laut Dunia.

Wakatobi beach Indonesia

Keindahan bawah lautnya sangat dikagumi banyak wisatawan, sehingga sering disebut-sebut sebagai salah satu surga bawah laut terindah di dunia. Jadi bukan tanpa alasan jika kawasan pantai di Wakatobi sangat cocok untuk wisata diving, snorkling, berenang dan memancing.


5. Pulau Gili Nanggu - Lombok


Gili Nanggu merupakan sebuah pulau kecil yang berlokasi di daerah Selatan Lombok, Gili Nanggu sangat terkenal dengan keindahan pantainya yang berpasir putih serta airnya yang jernih. Pulau ini sering di sebut pulau Pribadi karena Pulau ini sangat sepi dan tetap di jaga privasinya hingga kini.

Gili Nanggu Indonesia

Pulau ini merupakan pulau kecil yang tenang dengan alamnya yang indah, pasir putih dan taman bawah laut. Ketenangan dan keindahan inilah yang menjadi salah satu alasan banyak wisatawan memilih Gili Nanggu untuk menjadi tujuan ber-bulan madu.
Gili Nanggu Island Indonesia

Petualangan menyisir pantai dan snorkling merupakan hal yang menyenangkan, selain keindahan laut pulau Gili yang masih utuh alami terumbu karangnya dan ikan-ikannya yang berwarna-warni, Anda juga diperbolehkan untuk memberi makan ikan-ikan tersebut dengan roti.


6. Pulau Moyo - Nusa Tenggara Barat

Pulau Moyo secara admisnistratif berada di Desa Labuan Aji dan Desa Sebotok, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Moyo terletak di utara Pulau Sumbawa. Juga terletak diantara obyek wisata lainnya seperti Gili Matra (Lombok), Pulau Satonda (Bima-Dompu) dan Taman Nasional Komodo.
Moyo Island Indonesia

Wisata memancing, snorkling, menyelam dan bersampan tersedia di kawasan ini. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati air tejun berundak Mata Jitu yang terdapat di bagian barat pulu Moyo yang dapat diakses melalui Desa Labuan Aji. Juga terdapat wisata Goa, hamparan savanna, penyusuran hutan, pengamatan burung (bird watching) dan berburu dengan mengacu pada undang-undang yang berlaku.


7. Pulau Derawan - Kalimantan Timur


Kepulauan Derawan merupakan salah satu objek wisata di Propinsi Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau. Di kepulauan ini terdapat objek wisata bahari yang menawan, salah satunya adalah Taman Bawah Laut Kepulauan Derawan yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan ini, yaitu pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan pulau Kakaban yang terkenal dengan danau ubur-uburnya dan penyu sisiknya.

Derawan Beach Indonesia


Objek wisata di Kalimantan Timur ini terkenal dengan lokasi menyelamnya. Bahkan ada yang bilang keindahan bawah laut di kepulauan Derawan ini lebih bagus dari Bunaken. Perairan Derawan memiliki 460 jenis terumbu karang dan membuatnya menempati tempat kedua terbanyak di Indonesia setelah Kepulauan Raja Ampat di Papua. Selain itu ditemukannya 870 jenis ikan mulai dari kuda laut kerdil sampai ikan pari raksasa.


8. Pantai Sarwana - Banten

Pantai Sarwana terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Panjang pantai ini sekitar 65 km yang dihiasi dengan karang dan pasir putih. Kawasan hutan pantai yang dulu terkenal dengan desa siluman itu kini bangkit sebagai salah satu tujuan wisata yang tidak kalah menarik dengan Pelabuhan Ratu yang berada dalam satu garis pantai di kawasan itu. Karenanya wilayah pesisir indah ini juga menyatu dengan kisah mistis Nyai Roro Kidul.
Sarwana beach banten indonesia

Banyak pantai menawan dengan laut biru yang bisa dinikmatin di lokasi ini, antara lain Tanjung Layar, Karang Bokor (Cipamadangan), dan Pulau Manuk. Selain keindahan pantai, adapula wisata Gua, seperti Gua Lalay, Gua Sikadir, Gua Cimaul, Gua Singalong, dan Bukit Pasir Tangkil. Untuk sarana penginapan, penduduk setempat menyulap rumah mereka menjadi homestay dengan tarif yang relatif murah sekitar 120 ribu semalam per-orang termasuk makan.
Karang Tanjung Layar pantai sarwana



9. Pulau Ora - Maluku Tengah


Pulau Ora terletak di Desa Saleman, Seram Utara, Maluku Tengah. Akses menuju lokasi dapat ditempuh dengan pesawat perintas ke Bandar Udara Wahai di Pulau Seram. Setelah itu menyeberang dengan menggunakan kapal cepat (speed boat) menuju Pelabuhan Amahay dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.

Pantainya yang eksotis dengan pemandangan alamnya yang indah, membuat banyak wisatawan mengatakan tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai Lanikai Oahu di Hawaii atau Pulau Maladewa. Terumbu karang dan hewan lautnya masih terlihat sangat alami dan masih terawat dengan baik.
Selain wisata snorkling, pengunjung juga bisa melintasi sungai Salawai untuk melihat proses pembuatan sagu, pengambilan buah kelapa, atau melihat beraneka jenis burung di muara sungai di Teluk Sulaiman. Atau wisata terkking melintasi hutan yang masih lestari alami di balik Negeri Sawai, menuju Pusat Rehabilitasi Satwa di Dusun Masihulan, Sawai, tempat pengkaran burung kakatua dan nuri seram.

Yang tidak kalah menarik adalah penginapan berupa resort-resort yang mengambang di atas pantai dan berbentuk rumah panggung.


10. Pantai Balekambang - Malang, Jawa Timur

antai Balekambang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Batur, Malang, Jawa Timur, kurang lebih 65 km dari selatan kota Malang. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 2 km dan terdiri dari pasir pantai berwarna coklat terang dan putih.

Balekambang beach Java Indonesia

Di pantai yang menjadi andalan wisata kota Malang ini memang memiliki pemandangan yang sangat cantik. Terdapat tiga batu karang yang besar di lepas pantai Balekambang. Batu karang ini disebut oleh masyarakat setempat sebagai pulau, yaitu Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, dan yang paling terkenal adalah Pulau Ismoyo yang terdapat Pura megah di tengahnya, pulau ini dihubungkan dengan jembatan selebar 1,5 meter. Pemandangan Pura di atas batu karang ini tidak kalah indahnya dengan Tanah Lot di Pulau Bali.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.